PROGRAM WEBINAR RISE! 1.0 BUSINESS 101: Learning to Unlearn EP03 Bisnis Perspektif tentang Big Data Movement and Emerging Teknologi

Universitas Gajah Mada (UGM) melalui UGM STP, Innovative Academy, PT. Gama Inovasi Berdikari, GMUM, dan Swaragama serta Jogja Family sebagai exclusive media partner keembali hadir dalam program RISE! 1.0 | Business 101: Learning to Unlearn Episode ke-3 (25/06). Melalui filosofi Resilience, Integrity, Scale Up, dan Entrepreneurial Mindset, “program RISE! 1.0 diharapkan dapat memberikan memberikan topik-topik yang menarik serta memberikan insight dalam hal-hal terkait Character Building, Business Devlopment, Technology Development dan perihal fundamental lainnya dalam pengelolaan bisnis.” ujar Ridha Basuki sebagai Direktur Utama PT. Gama Inovasi Berdikari sebagai salah satu inisiator program tersebut



Narasumber utama M.Aditya A N, ST, MBA sebagai President Director PT. Gamatechno Indonesia, Komisaris PT. Aino Indonesia, Komisaris Global Data bersama Nofie Iman, Ph.D sebagai Dosen Manajemen FEB UGM dan selaku moderator acara hadir berkontribusi dalam acara Zoominar RISE! 1.0 | Business 101: Learning to Unlearn Episode ke-3 dengan tema Bisnis Perspektif tentang Big Data Movement and Emerging Teknologi.



Diawali dengan insight secara practical mengenai big data, acara ini disambut meriah oleh peserta Zoominar dengan total sebanyak 340 peserta. Mengenal big data pada pemaparan M. Aditya adalah data yang ukurannya sangat besar dan memiliki variasi data yang banyak karena diambil dari environtment yang berbeda, serta membutuhkan processing power yang cepat sehingga bisa memberikan analisis atau insight bagi kita. Big data value chain dimulai dari data akuisisi, data analitik, kurasi data lalu disimpan menjadi data based ini merupakan area yang dekat dengan teknologi. Namun, setelahnya yang disebut sebagai data insight atau data yang sudah divisualisasikan merupakan area yang sangat luas sehingga peluang ini muncul untuk memberikan ruang yang terbuka kepada siapa saja yang ingin belajar serta mendalami sesuai minat dan fokus yang diinginkan. “Karena big data technology memberikan peluang prospektif, dengan mengolah data yang lebih besar dalam proses yang lebih cepat dan insight yang lebih valid menggunakan data real transaksi pada platform tertentu. Sehingga shifting paradigma dan cepat beradaptasi dengan teknologi yang kian massif ini perlu menjadi concern penting terutama bagi pelaku bisnis” closing statement M. Aditya dalam acara Zoominar.



M. Aditya juga memberikan warning terhadap pengguna platform-platform media social agar lebih memiliki prinsip kewaspadaan serta prisip kehati-hatian di era digital. Rekam jejak digital bila dimanfaatkan sebagai analisis dalam menentukan decision making maupun melakukan prediksi data maka hasilnya akan menjadi postif, namun bisa jadi sebaliknya.



Adanya pergeseran perilaku dan berkembangnya era digital dengan perubahan proses produksi, proses bisnis yang terintegrasi dengan sistem dan teknologi, digital services yang beragam, tuntutan market yang semakin kompleks big data ini menjadi sangat relevan. Teknologi yang berkembang bukan sebagai sebuah ancaman karena akan menghapus sistem kerja secara manual justru kita bisa mengeksplorasi kemampuan dan mindset menyesuaikan pola pada perubahan zaman. Nofie Iman menambahkan bahwa, teknologi akan bergerak kedepan dan tidak akan mundur, skill yang baru, mindset aturan hukum, sikap mental yang baru dituntut berdaptasi dengan big data dan emerging technology.




PT Gama Inovasi Berdikari

Informasi lebih lanjut : 0821 2600 2212 (Debby Nur Puspita)