GISS Series Eps 1: Menilik Potensi Bisnis Bidang Spasial di Indonesia

Pada hari Kamis, 6 April 2023, PT Gama Inovasi Berdikari dalam rangkaian Gama Inovasi Startup Summit Series 2023 mengadakan webinar bertajuk “Mapping The Future: An Exploration of Spatial Data and GIS”. 

Dilaksanakan secara daring pada pukul 14.45-17.00 WIB, webinar ini mendatangkan dua narasumber, yaitu IR. Sarono. S.Si, M.Eng (Founder & CEO TechnoGIS) dan Rifa Syahdil Achsan (Tenaga Teknis Geografi dan GIS, Kementerian PPN/Bappenas). 

Kegiatan dibuka oleh Riza Kamila selaku Moderator dan MC kegiatan webinar hari itu. Setelah pengantar, pembacaan ROTG, serta pengenalan singkat narasumber oleh MC, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. 

Materi pertama dibawakan oleh IR. Sarono. S.Si, M.Eng. Dalam materi yang dibawakannya, founder dan CEO TechnoGIS ini memaparkan tentang peluang dan karier di sektor bisnis bidang spasial. 

Beliau menjelaskan bahwa potensi bisnis bidang spasial di Indonesia sangat besar dan sudah mulai dipromosikan secara langsung ke masyarakat global. Namun, alasan mengapa bisnis di bidang spasial ini tidak banyak diketahui orang meskipun potensinya besar adalah karena solusi, latar belakang, serta user-nya sangat tertarget. 

“Ini potensi yang sangat boleh dibilang spesifik sekali, tetapi besar,” papar narasumber pertama, “bahkan, semua sektor di Indonesia itu hampir membutuhkan solusi pemetaan.” 

Selesai materi pertama dipaparkan, materi kedua lanjut dibawakan oleh Rifa Syahdil Achsan. Dalam pemaparan kedua ini, beliau memaparkan mengenai perencanaan pengembangan wilayah berbasis spasial. 

Secara lebih spesifik, narasumber kedua banyak menyampaikan mengenai penggunaan data spasial dalam pemerintahan, salah satunya digunakan dalam perencanaan pembangunan nasional. “Sehingga kita dapat melakukan perencanaan yang lebih tepat, tepat sasaran dan tepat dengan kebutuhan ke depannya,” jelas narasumber kedua dalam paparannya. 

Tidak hanya itu, data spasial juga digunakan dalam rangka “connecting the dots” untuk keterpaduan wilayah–salah satunya untuk jalur logistik–dan penentuan arah kebijakan pembangunan ke depan. 

Selesai pemaparan materi dari kedua narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat, closing, serta foto bersama. 


Ingin mengetahui kegiatan dan program lain dari PT Gama Inovasi Berdikari? Ikuti media sosial kami:

Website: gamainovasi.com

Instagram: @gama.inovasi

YouTube: Gama Inovasi Berdikari