RiSE Series 2023: Optimalkan Sumber Daya Manusia untuk Tingkatkan Performa

Sabtu, 18 Maret 2023 - PT Gama Inovasi Berdikari kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan webinar RiSE Series yang kedua. Dengan topik “Creating a Culture of High Performance: The Key to Business Success”  ini mengundang dua narasumber, yaitu Foiman Zega (Education Content Creator & Bank Employee) dan Nyoman Meta (Recruitment Consultant HuntHire Indonesia). Kegiatan ini dibuka untuk umum dan berhasil menggaet atensi dari 127 peserta yang turut bergabung. 

Topik yang diusung dalam webinar kali ini adalah seputar pengelolaan sumber daya manusia di dalam organisasi atau perusahaan. Kegiatan dibuka oleh MC dan moderator Anindya Ayu. Foiman Zeiga sebagai narasumber pertama memaparkan materi mengenai motivation & employee engagement. Di awal pemaparannya, Foiman Zeiga menjelaskan tentang pentingnya motivasi karyawan dan hubungannya dengan kinerja mereka. “Karena kinerja akan memberikan hasil yang optimal ketika kita memiliki motivasi dalam diri kita sendiri,” papar Foiman. 

Lebih lanjut, Foiman menjelaskan mengenai perbedaan engaged employee dan disengaged employee. Engaged employee dicirikan dengan antusiasme tinggi, mengejar peluang pengembangan diri, sense of belonging tinggi, inisiatif dan inovatif, serta komunikasi yang baik. Sebaliknya, disengaged employee dicirikan dengan seringnya mengeluh, kualitas pekerjaan rendah, tidak menunjukkan minat belajar, bekerja seadanya, dan komunikasi buruk. 

Tidak hanya memaparkan perbedaan keduanya, Foiman juga menjelaskan bagaimana strategi untuk membentuk engaged employee. 

Narasumber kedua, Nyoman Meta, melanjutkan pemaparan materi tentang performance management & goal setting. Dalam pemaparannya itu, Meta menjelaskan mengenai bagaimana menetapkan tujuan organisasi atau perusahaan. 

Tidak hanya dibutuhkan di level organisasi atau perusahaan, tujuan di level karyawan juga penting untuk diperhatikan, khususnya mengenai performa, perkembangan, dan career aspiration dari karyawan tersebut. “Kita cari tahu dulu kenapa mereka mau bergabung,” papar Meta. “Di awal teman-teman nge-hire orang, usahakan banget nih cari tahu dulu career aspiration mereka seperti apa agar value-nya nyambung sama kita,” papar Meta. “Apa pun yang dia kerjakan, bagaimana gajinya, dia bakal terima kalau value-nya udah nyambung,” jelasnya. 

Career aspiration karyawan penting untuk diperhatikan karena ini akan berkaitan dengan perkembangan pribadi para karyawan. Lebih lanjut, ketika perkembangan ini sudah tercapai, maka performa yang tinggi pun dapat tercapai juga. 

Selain itu, Meta juga memaparkan tentang pentingnya menetapkan tujuan di awal, “Ketika kita di awal, kita setting the goals dulu.” Penetapan tujuan di awal ini akan memudahkan pengambilan solusi dan keputusan untuk ke depannya. Di akhir, Meta juga memaparkan mengenai strong leader, di mana seorang pemimpin yang baik harus bisa bekerja dan berkolaborasi bersama para karyawannya. 

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, sesi Q&A dibuka untuk memberikan kesempatan pada para peserta yang hadir untuk bertanya. Amelia Putri, peserta webinar, mengungkapkan kesannya terhadap materi yang disampaikan hari itu, “Dengan banyak tips and trick dari Kak Foiman dan Kak Meta, saya bisa menerapkannya di dunia kerja, tentang bagaimana pentingnya mencari dan menjadi SDM perusahaan yang baik demi tercapainya tujuan perusahaan maupun tujuan pribadi.” 

Ia menggarisbawahi tentang pentingnya pemaksimalan sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan. “Perusahaan itu salah satu intinya adalah kualitas dari para employee-nya, jika employee atau SDM-nya memiliki kualitas rendah maka perusahaan tidak bisa beroperasi dengan maksimal,” tambahnya. 


Ingin mengetahui kegiatan dan program lain dari PT Gama Inovasi Berdikari? Ikuti media sosial kami:

Website: gamainovasi.com

Instagram: @gama.inovasi

YouTube: Gama Inovasi Berdikari